Pages

Home » » Apa Artinya Dosa Menurut Idoy

Apa Artinya Dosa Menurut Idoy

Kalau menurut saya dosa itu ada artinya. Apa itu? Artinya adalah meledos teu karasa. Dosa itu adalah kebusukan yang tidak terlihat dan tidak dapat dirasakan oleh lidah. Dosa itu bagaikan kentut. Dia tidak kasat mata namun nyata adanya.

Berarti dosa itu ada maknanya. hanya saja orang sering keliru dan sering menyamaratakan antara yang bermakna dan bermanfaat. Memang kalau diucapkan secara terpisah atau bersama-sama dalam kalimat dua kata ini berkonotasi punya makna yang sama, padahal tidak.

Menurut Idoy, seharusnya ada batasan istilah dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Baiklah, kita batasi saja bahwa yang dimaksud bermakna itu maksudnya punya pengertian dari sisi ilmu. Dan itu berbeda dengan manfaatnya.

Maka dengan ini disimpulkan bahwa dosa itu memang punya arti. Apakah bermakna dan punya arti ini bermanfaat? Dalam tataran aplikatif tentu sangat tidak bermanfaat. Karena siapapun yang berdosa maka ia akan rugi.

Rugi bagaimana? Ruginya saat ini bila ia seorang yang berpandangan hidup hanya satu kali. Dan sebenarnya ia akan rugi berkali-kali kalau ia berpandangan bahwa kematian bukan akhir segalanya karena di sana ada alam akhirat yang menanti.

Dosa it tidak disukai hati manusia dan kemanusiaan. Bahkan nurani setiap orang tidak suka dengan perbuatan dosa. Hati kecil menangis saat melakukannya meskipun lidah dan kelakuan membohongi tangisan hati itu.

Maka bila dosa itu ibarat kentut, lalu siapa orangnya yang suka dengan kebusukan. Bila lebih jauh dikatakan bahwa dosa itu adalah kotoran, tentu tidak ada orang yang suka dengan kotoran hingga bahkan kotorannya sendiri.

Apa Artinya Dosa Menurut Idoy

0 comments:

Post a Comment